Gabung Yuk

Apa itu Link dan Bagaimanakah Cara Membuat Link?

Apa yang dimaksudkan dengan link? Hmmm.. tentu sudah pada tahu semua kan sobat blogger? Apalagi sobat adalah seorang master blogger, sudah diluar kepala dan mendarah daging malahan. Karenanya aku minta izin ya para master blogger buat meneruskan postingan ini, hitung-hitung mengajak sobat-sobat yang sudah pada master semua untuk sekedar mengenang kembali saat awal ketika sobat-sobat terjun dalam dunia blog. Walaupun sobat blogger sudah pada tahu semua namun bagaimana dengan sobat-sobat yang masih tergolong baru dalam dunia blog alias masih belajar seperti aku? Link, menurutku adalah sama saja dengan url/alamat sebuah website (benarkah?) yang sengaja diletakan dalam sebuah website dan bilamana link tersebut dipilih/diklik maka akan membawa kita pada sebuah alamat website yang …. Aaaaaaaakhh kebanyakan ngomong……….
Langsung saja, link menurut Wikipedia adalah Pranala, pautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. Haaa…haaa…ha…. (Mbah Surip) makasih ya Wikipedia.

Sudah paham semua? (Just For Newbie), Siiip dah.. kalau sudah paham semua. Sekarang muncul pertanyaan, bagaimanakah cara membuat sebuah link dan berbagai macam variasinya dalam sebuah web/blog? Berikut beberapa contoh cara membuat link yang aku ambil dari pengalamanku sejak pertama kali aku ngeblog.

Berikut ini beberapa contoh cara membuat link :

1. Link dengan tab/windows baru


Link ini saat diklik akan membuka tab/windows baru, dimana halaman sebelumnya akan tetap ada. Kata “new” bisa diganti dengan “blank” atau terserah sobat pilih yang mana karena fungsinya sama saja.

Hasilnya seperti ini :

tips-menghindari-flu-babi

2. Link tanpa membuka windows baru


Link ini ketika diklik akan membuka windows/halaman yang sama, kecuali klik kanan - open new tab/new windows.

Hasilnya Seperti ini :

tips-menghindari-flu-babi

3. Link untuk memperlihatkan gambar/Image tanpa membuka windows baru
Sebelumnya sobat harus mengupload dulu gambar kalian ke hosting tempat menyimpan gambar tersebut, contoh alamat gambar :
http://i704.photobucket.com/albums/ww44/ancis_ama/iklan.gif
Lalu copy URL/alamatnya dan pastekan.



Menjadi :


Hasilnya seperti ini :

ancis_ama iklan

4. Link Download
Disini anggap saja kita sudah punya file di hosting yang mau didownload, masukkan URL file tersebut pada 'alamat file yg mau didownload', seperti contoh.
Contohnya :


Menjadi :


Hasilnya Seperti ini :

DOWNLOAD


Okey.. kesimpulan akhirnya adalah dalam sebuah link ada kata-kata yang menarik dengan tujuan untuk menekankan ajakan kita kepada para pembaca untuk mengklik link tersebut.

Demikian beberapa cara membuat Link dari aku andaikata ada yang salah tolong diingatkan lewat kolom komentar ya (soalnya masih belajar juga nih) dan mungkin ada yang lain dan mau menambahkan? silakan tambahkan dikolom komentar.